Laptop Idaman: Asus VivoBook Pro N580VD

Posted on

Sebagai mahasiswa dan pekerja kreatif, saya tidak bisa lepas dari yang namanya laptop. Tak kalah dari smartphone, laptop juga menjadi asisten digital yang membantu saya dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah, kerjaan, juga sebagai alat untuk menyalurkan hobi. Akhir-akhir ini, saya jatuh cinta dengan laptop terbaru dari Asus yang belum lama diluncurkan. Asus VivoBook Pro N580VD.

Kenapa Asus VivoBook Pro N580VD?

Mahasiswa pasti akrab dengan yang namanya makalah, jurnal, presentasi, dan tugas-tugas lainnya. Hal itu membuat saya harus betah berlama-lama didepan layar untuk segera menuntaskan kewajiban tersebut. Bahkan, sering kurang tidur gara-gara tugas.

Oleh karena itu. Saya memilih Asus VivoBook Pro N580VD sebagai laptop idaman saya karena dibekali dengan teknologi Asus Splendid. Di dalam teknologi Splendid ini terdapat fitur Eye Care Mode yang bisa mereduksi emisi cahaya biru dari layar agar retina mata tidak mengalami cedera, cocok untuk saya yang suka begadang di depan layar.

Asus VivoBook Pro - Splendid

Selain itu, Splendid dari Asus ini juga memiliki Mode Normal, Vivid Mode untuk mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi, dan Custom Mode yang memungkinkan saya untuk mengatur kecerahan dan tampilan dengan sesuka hati.

Selain tugas dalam bentuk karya tulis, mahasiswa saya juga mendapatkan tugas audio visual seperti desain, fotografi, maupun videografi. Salah satu tugas yang saya terima adalah pembuatan video kreatif.

Dalam pembuatan tugas tersebut, baik ketika proses take video maupun sesudahnya, saya selalu back-up footage dari kamera ke dalam laptop untuk mengatasi SD Card kamera yang kurang memadai dan juga agar footage aman. Untungnya, Asus VivoBook Pro N580VD ini mempunyai penyimpanan 1 TB 5400RPM SATA HDD yang siap untuk menampung hasil take video yang kami lakukan. Proses pemindahan pun mudah, karena adanya slot SD Card Reader.

Setelah proses pengambilan video selesai, masuklah kami ke tahap pengeditan video. Saya tidak perlu khawatir laptop bakal ngelag, maupun not responding yang bikin naik darah, karena laptop ini sudah ditenagai dengan prosesor Intel Core i7-7500U dan juga kartu grafis NVDIA GTX 1050 yang membantu proses editing dan rendering video berjalan dengan baik.

Asus VivoBook Pro - Adobe Premiere Pro

Agar proses tersebut semakin ngebut, Asus VivoBook Pro N580VD ini juga dibekali dengan 128 GB SSD. SSD pada laptop akan mempercepat proses booting, dan transfer file serta kinerja laptop yang lebih cepat dibandingkan dengan HDD biasa. Saat proses pengeditan pun saya juga bisa sambil membuka software sana-sini secara bermasaan karena sudah dibekali RAM sebesar 8 GB DDR4 2400MHz. Multitasking tidak akan menjadi masalah pada laptop ini.

Selain itu, yang membuat saya jatuh cinta kepada Asus VivoBook Pro N580VD adalah:

Mudah Dibawa Kemana Saja

Selain saya gunakan dalam rutinitas di kampus, laptop ini juga cocok untuk dibawa kemana-mana seperti pada saat traveling, karena Asus VivoBook Pro N580VD ini beratnya hanya 2 kg saja. Yang paling saya suka, laptop ini memiliki ketebalan yang cukup tipis yakni 19,2 mm saja, kurang dari 2 cm. Selain spesifikasi yang tinggi, laptop ini mudah saya bawa kemana saja. Asus VivoBook Pro N580VD juga terlihat mewah, dan juga kokoh karena build qulity-nya terbuat dari alumunium.

Asus VivoBook Pro - Design

Untuk yang suka ngafe, nongkrong sambil mencari koneksi Wi-Fi laptop ini juga worth it untuk dibawa karena sudah terintegrasi Wi-Fi 802.11 AC (2×2).

Multimedia x Gaming Laptop

Asus VivoBook Pro - Gaming

Selain menjadi laptop untuk keperluan multimedia laptop ini juga bisa digunakan untuk gaming lho. Laptop ini sudah ditenagai prosesor Intel Core i7-7500U yang kecepatannya bisa mencapai 3.5 GHz  dan kartu grafis (VGA) NVDIA GTX 1050 yang mempunyai GDDR5 VRAM sebesar 4 GB. Game-game populer seperti GTA V, Overwatch, dan Gears of War 4 pasti akan mudah dilahap oleh laptop ini. Ditambah lagi, laptop ini mempunyai RAM DDR4 8 GB yang masih bisa diekspansi lagi.

TechPowerUp GPU - GTX 1050

Untuk mengantasipasi adanya overheat pada saat pengeditan video, maupun gaming. Asus telah membawa teknologi Dual Fan kedalam  Asus VivoBook Pro N580VD. Dual fan tersebut mempunyai integrasi efektif untuk mengeluarkan panas pada perangkat.

Sebagai cooling method (metode pendinginan), dual fan ini menarik udara dari samping, kemudian udara panas dikeluarkan melalui exhaust yang berada tepat dibawah cover layarnya. Kecepatan kipas ini bisa menyesuaikan suhu secara otomatis. Jadi, ketika suhu laptop bertambah, maka kecepatan kipas pun akan bertambah pula.

Ditambah lagi, peforma Asus VivoBook Pro N580VD semakin lengkap dengan sistem operasi dari Windows teranyar, Windows 10. Di dalam Windows 10 ini terdapat fitur Game Mode yang akan melengkapi game experience, karena di dalam game mode ini terdapat fitur perekaman gameplay, broadcast (live streaming), dan fitur-fitur penunjang lainnya.

Windows 10 Pre-Installed

Sejak bulan November 2017, Asus memang mengampanyekan bahwa laptop yang keluar pada bulan tersebut dan seterusnya akan dilengkapi dengan Windows 10, sehingga pembeli tidak perlu lagi menginstall sistem operasi sendiri. Laptop sampai ditangan, laptop siap digunakan.

Begitu juga dengan Asus VivoBook Pro N580VD yang sudah dilengkapi dengan Windows 10 yang memiliki segudang fitur yang tidak ada di Windows versi sebelumnya.

Microsoft selaku pengembang dari sistem operasi Windows 10 juga terus mengembangkan keamanan pada sistem operasinya. Salah satunya adalah Windows Hello. Sistem keamanan tersebut dikombinasikan dengan Fingerprint Sensor yang ada pada Asus VivoBook Pro N580VD. Kombinasi keduanya memungkinkan untuk membuka laptop hanya dengan sidik jari saja. Tidak lagi menggunakan password laptop yang sudah kuno itu, hehe.

Asus VivoBook Pro - Fingerprint

Selain itu, di Windows 10 ada yang namanya Windows Defender yang memiliki perlindungan dan fitur security yang lebih baik. Menginstall software antivirus pihak ketiga saya rasa tidak lagi wajib karena Windows 10 menurut saya sudah aman.

Pengalaman Audio Visual Diatas Rata-Rata

Disel-sela rutinitas, saya juga suka menonton anime, film, dan mendengarkan musik. Asus VivoBook Pro N580VD mampu memanjakan saya karena layarnya yang besar, 15.6 inci ditambah lagi resolusinya yang sudah full-HD. Untuk menyajikan visual yang lebih nyata, Asus juga sudah membekali teknologi Asus TruVivid dan Asus Tru2Life Video di dalam laptop ini.

Asus Truvivid adalah teknologi yang membuat tampilan gambar menjadi sangat jernih karena warnanya yang ditingkatkan. Sedangkan ASUS Tru2Life video adalah teknologi penyempurna video eksklusif, mirip dengan TV high-end yang menggunakan algoritma software cerdas untuk mengoptimalkan ketajaman dan kontras setiap frame video, sehingga video terlihat lebih jelas, lebih rinci, dan lebih realistis.

Asus VivoBook Pro - Harman Kardon

Sedangkan untuk audionya. Diatas rata-rata laptop pada umumnya. Suaranya 3.2 kali lebih keras, 2.5 kali lebih ngebass karena menggunakan sentuhan audio SonicMaster dari Asus, dan speaker Harman Kardon. Harman Kardon sendiri merupakan pabrikan audio speaker asal Amerika yang sudah berdiri sejak 1950-an.

Penunjang Hobi

Hobi saya adalah ngeblog. Kenyamanan saat menulis adalah nomor satu. Mulai dari tempat, kopi, hingga kinerja laptop yang baik merupakan kunci kenyamanan dalam proses ngeblog.

Pertama, tempat. Tempat akan membangun mood. Suana yang tenang, dan jauh dari kebisingan adalah tempat favorit saya untuk melakukan hobi saya ini. Sampai terkadang saya harus menunggu waktu dini hari untuk mencari suasana yang tenang.

Kedua, kopi. Kopi memiliki kandungan kafein yang berguna untuk meningkatkan stamina dan bagi saya, kalau tak ada kopi kurang lengkap rasanya.

Ketiga, adalah kenyamanan laptop. Nyaman tidak perlu dengan spesifikasi yang tinggi, yang penting enak untuk dibuat ngetik, hurufnya kelihatan alias adanya backlit pada keyboard, karena saya suka salah pencet kalau sedang berada di tempat kurang cahaya. Baterai yang awet juga penting, karena kadang saya malas untuk membawa charger karena harus cari colokan kesana-sini. Semuanya itu ada pada laptop idaman saya, Asus VivoBook Pro N580VD.

Asus VivoBook Pro - Keyboard

Asus VivoBook Pro N580VD membawa spesifikasi tinggi yang enak buat saya menulis, melakukan kegiatan multimedia sampai gaming. Laptop ini juga memiliki keyboard full-size backlit yang akan membantu saya dalam keadaan kurang cahaya. Baterainya juga awet dan proses pengisian dayanya juga cepat. Untuk menempuh pengisian 60 persen hanya membutuhkan waktu 49 menit saja. Kalau dihitung-hitung, nggak sampai satu setengah jam untuk penuh.

Transfer file pada laptop ini juga cepat, karena ada slot USB tipe-C dengan kecepatan transfer hingga 5 gbps dan ouput UHD 4K untuk display ekstenal. Selain itu, port-port pada laptop ini juga lengkap.

Asus VivoBook Pro - Port

Main Spec. ASUS VivoBook Pro N580
CPU Intel® Core™ i7-7500U Processor (4M Cache, up to 3.5GHz)
Sistem Operasi Windows 10 Home
Memori (RAM) 8GB DDR4 2400MHz SDRAM
Penyimpanan 1 TB + 128GB SSD
Tampilan 15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Glare Panel with 100% sRGB
Kartu Grafis Nvidia GTX 1050 VRAM 4GB GDDR5
Input/Output 1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
Kamera VGA Web Camera
Konektivits Integrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Premium Technology

Baterai 3 Cells 42 Whrs Battery
Dimensi (WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Berat 2 Kg with Battery
Warna Rose Gold, Royal Blue, Quartz Grey
Aksesoris Exclusive Sleeve, Mini Dock
Garansi 2 tahun garansi global
Harga 15 Jutaan

Itulah yang membuat saya menjadikan Asus VivoBook Pro N580VD menjadi laptop idaman saya. Bagaimana dengan kamu? Berminat?

Sumber dan Referensi: ASUS

6 thoughts on “Laptop Idaman: Asus VivoBook Pro N580VD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *