[Ulasan Lengkap] Cara Menggunakan Picsart untuk Pemula

Picsart merupakan aplikasi edit foto di smartphone Android yang menurut saya merupakan yang terbaik. Aplikasi ini merupakan besutan developer asal California, yang hingga saat ini mendapatkan 100 juta unduhan melalui Google Play Store.

Jika di komputer ada software Adobe Photoshop, maka di Android ada aplikasi Picsart ini. Aplikasi ini masuk kedalam aplikasi pilihan editor di Play Store, tak salah, banyak sekali pengguna ponsel pintar yang menggunakan aplikasi yang satu ini.

Di post ini, saya akan mengulas secara lengkap bagaimaa cara menggunakan Picsart terlebih untuk kamu yang masih awam atau pemula. Sebelum melanjutkannya, silakan kamu bisa download terlebih dahulu aplikasi Picsart ini melalui Play Store di smartphone kamu. Kamu juga bisa mendownloadnya melalui tautan ini. Setelah terdownload, silakan anda simak ulasan berikut ini.

[Tutorial] Cara Menggunakan Picsart

Sebelum membuka Picsart untuk pertama kali, kamu bisa mengaktifkan data seluler kamu. Setelah itu, kamu bisa membuka aplikasinya. Nantinya akan muncul form pendaftaran yang bisa kamu isi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan akun Google, dan juga Facebook.

Kenapa harus daftar akun Picsart? Karena dengan mempunyai akun Picsart, kamu bisa membagikan hasil foto yang kamu edit ke komunitas, dan foto kamu nantinya bakal bisa dilihat orang dari seluru dunia.

Lanjut, sekarang kita langsung ke inti dari post ini. Pastikan kamu sudah menyiapkan sebuah foto yang ingin kamu edit. Foto acak saja, nantinya foto itu akan kamu jadikan babi percobaan, ehehehe.

Klik tombol tambah yang ada di sebelah bawah-tengah, maka akan muncul empat pilihan, yaitu edit, kolase, gambar, dan kamera.

Cara Menggunakan Picsart

Picsart Mode Edit

Dalam mode ini, kamu bisa mengedit mana saja menggunakan Picsart. Klik tombol edit, dan silakan pilih foto yang ingin kamu edit. Selanjutnya, kamu akan masuk ke dalam dapur editing. Mari kita mulai.

Setelah kamu masuk, akan muncuk banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan dalam pengeditan gambar atau foto kamu. Disini saya akan mengulasnya satu per satu.

1. Toko, didalam fitur yang satu ini, kamu bisa mendownload beberapa perlengkapan yang akan mendukung kamu dalam melakukan pengeditan. Terdapat sticker, latar belakang, font, masker, kolase, dan bingkai yang bisa kamu download secara gratis maupun berbayar.

2. Alat, fitur ini mempunyai fungsi dasar. Urut dari atas:

Cara Menggunakan Picsart

  • Potong gambar, digunakan untuk memotong / crop gambar. Selain itu, fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk memiringkan foto agar terlihat lebih baik lagi. Ada juga pemotongan gambar secara instan yaitu dengan menekan angka perbandingan yang ada dibawahnya. Juga, kamu bisa memutar foto kamu 90-360 derajat.
  • Potong gambar (2), nah, didalam fitur potong gambar yang kedua ini sedikit beda dengan yang pertama. Di potong gambar kedua ini kamu bisa dengan bebas memotong foto sesuai yang kamu hendaki. Kamu bisa menggunakan fitur ini semisal untuk mengecrop bagian objeknya saja, dan menghilangkan background-nya.
  • Pemotong Bentuk, sama halnya dengan kedua fitur diatas, namun disini crop-nya terdapat beberapa pilihan bentuk seperti persegi, hati, jajar genjang, lingkaran dan masih banyak lagi.
  • Penyebaran, digunakan untuk membuat efek potongan-potongan kecil yang menyebar disekitar objek, sebenarnya ada istilah untuk fitur yang satu ini tapi saya lupa 😀 . Disini akan ada panduan jika kamu pertama kali membuka fitur ini. Ikuti saja panduan tersebut.
  • Clone, pada intinya fitur ini berfungsi untuk mengeclone objek yang dituju yang mana nantinya bisa kamu tempel di tempat tertentu.
  • Regang, didalam fitur ini ada fitur membuat efek spiral, memperbesar, memperkecil objek.
  • Pilihan, fitur ini berguna untuk menyalin, memotong, menandai objek dan kamu bisa menempelkan hasil salinan, potongan atau objek yang kamu tandai tadi.
  • Kurva, fitur ini mirip seperti di Adobe Photoshop yaitu mengatur kecerahan, kontras dan lainnya sehingga foto kamu bisa lebih baik.
  • Sesuaikan, kalau kamu ingin mengatur kontras, saturasi, rona, bayangan dan lain-lain disini tempatnya.
  • Kejelasan, disini berfungsi untuk mengatur kejelasan foto dan juga saturasinya.
  • Pergeseran miring, kalau kamu ingin membuat background blur kamu bisa pakai ini.
  • Perspektif, bisa kamu gunakan untuk mengatur kemiringan horizontal biar gambar di objek kelihatan lebih baik.
  • Ganti ukuran/resize, kamu bisa mengganti ukuran gambar kamu yaitu lebar dan tinggi dalam ukuran piksel.
  • Balik/Rotasi, taulah sendiri lah 😀

3. Efek, kalau kamu pengen efek-efek alay.. dan lain-lain kamu bisa menggunakan fitur yang satu ini. Teradapat banyak efek yang bisa kamu jumpai disini. Kreasikan sebagus mungkin.

4. Magis, fitur yang satu ini membutuhkan koneksi internet, jadi pastikan data seluler kamu nyala. Di dalam fitur ini kamu bisa membuat efek seperti WPAP dan kawan-kawannya secara instan tanpa ribet, dan cara menggunakan Picsart yang satu ini sangat gampang sekali.

Cara Menggunakan Picsart

5. Stiker, kalau kamu ingin menambahkan ikon-ikon kacamata, topi dan sebagainya kamu bisa menggunakan fitur ini. Kalau stiker kamu kurang, kamu bisa mendownloadnya di Toko bisa gratis, dan bisa juga berbayar.

6. Buang. Di dalam fitur buang ini, kamu bisa menghapus background dari foto dengan mudah.

7. Teks, fitur ini bisa kamu gunakan untuk menambakan teks kedalam foto/gambar kamu. Terdapat lumayan banyak pilihan font yang bisa kamu gunakan, dan kamu juga bisa menambahkan efek-efek seperti teks melengkung, warna, opasitas (transparan), dan lain sebagainya pada fitur yang satu ini.

Cara Menggunakan Picsart

8. Tambahkan (foto), di dalam fitur ini kamu bisa menambahkan gambar atau foto kedalam gambar yang sedang kamu edit. Kamu juga bisa memberikan efek dan kawan-kawannya kedalam foto yang kamu tambahkan.

9. Square fit, bisa kamu gunakan agar foto kamu bisa diupload ke Instagram, dan juga bisa dijadikan display picture di WhatsApp, dan medsos lainnya juga. Coba saja!

10. Tepi, berguna untuk menambahkan bingkai kedalam foto/gambar kamu.

11. Penutup, sebenarnya nama dari fitur ini tidak nyambung dengan fungsinya. Fungsi fitur ini adalah menambahkan efek-efek warna kedalam gambar kamu.

12. Gambar, fitur ini berfungsi untuk menggambar seperti panah, dan bentuk-bentuk lainnya. Selain itu, kamu juga bisa main corat-coret kedalam gambar yang sedang kamu edit. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk memasang Twibbon lho.. yaitu dengan memanfaatkan fitur layer yang terdapat di dalam fitur ini.

Cara Menggunakan Picsart

13. Label, fitur ini hampir sama seperti fitur stiker.

14. Pijar lensa, fitur ini berfungsi untuk menambahkan efek lensa yang terkena sinar matahari. Biasanya di lensa kamera kan muncul tuh efek-efek warna yang ditimbulkan dari sinar matahari. Nah, itu.

15. Penutup bentuk, berfungsi untuk menutupi objek kamu menggunakan bentuk-bentuk yang unik.

16. Bingkai, bingkai.

17. Gelembung Teks, berfungsi untuk menambahkan efek percakapan pada foto kamu. Jadinya nanti seperti di komik-komik gitu.

Baca juga: 5 Cara Mengambil Gambar di Instagram dengan Mudah

Picsart Mode Kolase, Gambar, dan Kamera

Diatas kita sudah membahas tentang cara mengguakan Picsart mode edit, sekarang saya BLOGDEDI.COM akan membahas tentang mode kolase, gambar, dan kamera secara singkat.

Kolase

Kolase digunakan untuk kamu yang ingin menggabungkan gambar atau foto. Jadi nanti terdapat kolom-kolom yang bisa kamu isi dengan menggunakan foto kamu. Di dalam Picsart yang terbaru, terdapat tiga jenis kolase, yaitu kisi-kisi, gaya bebas, dan bingkai.

Gambar

Sedangkan untuk mode gambar ini, bisa kamu gunakan untuk menggambar atau berkreasi bebas. Nantinya, kamu akan membuat halaman baru untuk kamu berkreasi. Kamu bisa menambahkan gambar yang sudah ada di smartphone kamu, menambahkan tulisan, dan lain-lain.

Kamera

Cara Menggunakan Picsart

Mode terakhir ini bukan untuk membuat atau mengedit gambar. Mode ini digunakan untuk mengambil gambar langsung dari kamera smartphone-mu. Kamu bisa langsung menggunakan filter, efek, dan stiker yang bisa menambah foto kamu lebih unik.

Kesimpulan

Telah sampai kita di akhir pembahasan cara menggunkan Picsart untuk pemula ini. Pada dasarnya, semua aplikasi editor foto itu mempunyai fitur sendiri-sendiri, bagus atau tidak hasilnya, tergantung pada sang editornya. Jam terbang sangat berpengaruh lho.

Okay kawan-kawan, itu saja yang bisa saya bagikan, selamat berkreasi!

Bagikan

2 Comments

    • Dedi Styawan

Add Comment