Cara Menggunakan WhatsApp Business dengan Mudah

Posted on

Setelah beberapa bulan lalu muncul WhatsApp Business versi beta dibeberapa negara, akhirnya WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business dibeberapa negara termasuk Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara yang dapat menjajal aplikasi ini.

WhatsApp menawarkan beberapa fitur menarik yang dapat membantu para pelaku bisnis dalam melayani pelanggannya.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Cara menggunakan WhatsApp Business ini mirip seperti menggunakan WhatsApp pada umumnya. Untuk cara sign-up akun-nya juga hampir sama seperti WhatsApp reguler. Cara menggunakannya cukup download aplikasi ini melalui Play. Kemudian buka aplikasi tersebut.

Seperti biasa, Anda akan menemukan form untuk nomor HP Anda. Pastikan nomor yang Anda gunakan adalah nomor untuk bisnis ya, karena tidak bisa menggunakan nomor yang sama dengan WhatsApp biasa.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Setelah proses sign-up berhasil. Selanjutnya akan diarahkan untuk mengisi nama dan juga foto profil untuk WhatsApp Business Anda. Pastikan tidak ada kesalahan untuk penulisan nama, karena nanti nama dari WhatsApp Business ini tidak bisa diganti.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Setelah masuk di WhatsApp Business-nya. Anda bisa masuk ke pengaturan untuk mengatur akun Anda.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Disini, Anda bisa mengatur alamat bisnis Anda. Juga mengeset lokasi yang ada di map. Pilih kategori bisnis yang tepat, sesuai dengan bisnis Anda. Kategori yang disediakan disini lumayan lengkap, namun jika kategori bisnis tidak ada, Anda bisa memilih kategori  Lainnya.

Baca juga: 21 Trik WhatsApp yang Wajib Kamu Ketahui

Deskripsikan bisnis Anda pada kolom yang sudah disediakan. Anda juga bisa mengatur jadwal bisnis Anda pengaturan ini. Agar lebih baik lagi, masukan alamat email dan juga website bisnis jika ada.

Melihat Statistik Pesan

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Didalam setelan bisnis juga akan disajikan statistik yang membantu Anda. Mulai dari data pesan terkirim, diterima, dan dibaca yang tidak ada di WhatsApp non bisnis.

Fitur Perpesanan Otomatis

Ini adalah fitur yang mungkin sangat dibutuhkan untuk para pelaku bisnis. Ada tiga fitur yang ditawarkan:

  1. Pesan di luar kerja (Away Message)

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Fitur ini memungkinkan Anda untuk membalas pesan secara otomatis jika bisnis Anda sedang di luar jam kerja (toko sedang tutup). Pengguna dapat mengatur pesan yang ingin disampaikan ketika toko sedang tutup dan juga dapat mengatur kapan fitur ini digunakan.

  1. Salam (Greeting Messages)

Fitur ini memungkinkan pelaku bisnis untuk menghubungi pelanggannya kembali setelah 14 hari tidak ada interaksi dengan WhatsApp Business Anda. Anda dapat custom pesan juga pada fitur ini. Fitur ini cocok untuk menawarkan produk-produk baru yang Anda miliki.

  1. Balas Cepat (Quick Replies)

Disini pelaku bisnis dapat membuat custom pesan sebanyak mungkin untuk memangkas waktu dalam merespon pelanggannya. Kemudian, untuk cara penggunaanya mudah, Anda tinggal ketikkan “/” simbol garis miring maka akan muncul quick reply yang sudah Anda buat. Lebih efesien waktu.

Dari percobaan yang BLOGDEDI lakukan, disini saya dapat mengambil beberapa perbedaan antara WhatsApp Business dan non Business.

Cara Menggunakan WhatsApp Business
Fitur Utama WhatsApp Business
  1. Perbedaan pada logo. Jika pada WhatsApp memiliki ikon panggilan, maka dalam WhatsApp Business berikon huruf B.
  2. Warna dalam aplikasi. Tak hanya ikon yang beda, perbedaan juga ada pada warna dalam aplikasinya yang cenderung abu-abu.
  3. Menambahkan nomor rumah atau nomor kantor.
  4. Fitur membalas pesan secara otomatis.
  5. Melihat statistik perpesanan.
  6. Jika Anda sudah verifikasi data Anda, maka akun WhatsApp Business Anda akan memiliki centang hijau (verified).

Jika Anda adalah pelaku bisnis, saya sarankan sekali untuk menggunakan WhatsApp Business karena akan membantu Anda dalam melayani customer Anda. Semoga bermanfaat 😉

5 thoughts on “Cara Menggunakan WhatsApp Business dengan Mudah

  1. jika sebelumnya no yang digunakan menggunakan wa pribadi, lalu akan digunakan untuk wa bisnis, lalu chat history dari wa yang personal gimana ya? termasuk ada klien yg sedang di follow up, apakah akan ada perbedaan akun yg tampil di wa klien?

    lalu apakah apakah fitur grup masih ada?

    1. Hai, terima kasih untuk pertanyaannya.

      Jika nomor Anda sudah digunakan di WhatsApp biasa, Anda tidak menggunakannya di WhatsApp business dengan waktu yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *