Cara Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi

Keaamanan dalam sebuah smartphone adalah nomor satu. Pastinya, semua produsen smartphone ingin penggunanya merasa aman. Salah satu keamanan yang harus ada dalam sebuah smartphone adalah penguncian aplikasi maupun game yang ada pada smartphone kita. Tidak mau dong, aplikasi pribadi seperti WhatsApp, BBM, dan lain-lainnya dibajak oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Disini, BlogDedi akan membahas cara mengunci aplikasi di Android tanpa aplikasi. Pada kesempatan kali ini, smartphone yang saya pakai adalah Xiaomi. Untuk kamu yang menggunakan brand lain bisa menggunakan cara alternatif dibawah nanti.

Cara Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi

  • Mengunci Aplikasi pada Smartphone Xiaomi

Buat kamu yang menggunakan smartphone Xiaomi baik berbasis MIUI 7, 8, dan 9 kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan bernama Keamanan.

Didalam aplikasi bawaan tersebut, terdapat fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk mengunci aplikasi maupun game yang ada di smartphone Android kamu.

Caranya:

  1. Buka aplikasi “Keamanan”
  2. Kemudian pilih fitur Kunci Aplikasi
    Cara Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi
  3. Kemudian kamu bisa membuat pola. Pola ini akan kamu gunakan untuk membuka aplikasi yang kamu kunci nanti.
    Cara Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi
    Gunakan pola serumit mungkin agar tidak muda dibobol orang lain.
  4. Kemudian, jangan lupa untuk menambahkan akun MI kamu agar ketika suatu saat kamu lupa dengan pola kamu, kamu bisa meresetnya melalui akun MI tersebut.
    Cara Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi
  5. Jika pada smartphone Xiaomi kamu terdapat sensor sidik jari, maka kamu bisa memanfaakan fitur tersebut untuk mengunci aplikasi pada Android kamu. Jika muncul pop-up seperti dibawah ini, letakkan saja sidik jari yang sudah kamu masukkan di Xiaomi-mu.
    Cara Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi
  6. Lalu, kamu bisa memilih aplikasi dan game mana saja yang ingin kamu kunci. Selesai deh.

Selain itu, terdapat pengaturan pada pojok kanan atas layar smartphone kamu. Disana, kamu bisa mengatur cara mengunci aplikasi di Android tanpa aplikasi yang kamu terapkan.

Kamu bisa mengubah pola kamu, mengaktifkan sidik jari, menampilkan pola, menyembunyikan konten dinotifikasi dan juga menambahkan akun Mi disana. Namun, yang harus kamu atur disini adalah Setelan Penguncian karena ini merupakan hal yang paling penting.

Di Setelan Penguncian terdapat 3 pilihan pegaturan. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Saya sarankan untuk memilih pilihan kedua saja, yaitu Saat terkunci dan keluar dari apl.

Cara Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi

Cara ini saya lakukan di Xiaomi Redmi 4X berbasis MIUI 9. Cara ini bisa kamu lakukan di MIUI 7 dan 8 juga karena caranya sama.

  • Mengunci Aplikasi pada Smartphone Selain Xiaomi

Kebetulan sekarang saya menggunakan smartphone Xiaomi, namun tenang saja teman-teman. Buat kamu yang menggunakan selain Xiaomi ada caranya kok. Namun harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Begini caranya.

  1. Buka Google Play Store, lalu cari aplikasi bernama Smart AppLock (App Protector) buatan SpSoft. Kemudian download aplikasi tersebut. Setelah terdownload, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  2. Ketika kamu membuka aplikasinya untuk pertama kali. Maka kamu akan langsung disuruh untuk memasukkan PIN.
    Cara Mengunci Aplikasi di Android
    Setelah memasukkan PIN, pencet tombol centrang. Jika terdapat fitur sensor sidik jari pada smartphone kamu. Kamu bisa pencet YA.
  3. Selanjutnya, kamu bisa pencet tombol + (plus) untuk menambahkan aplikasi atau game yang ingin kamu kunci.
    Cara Mengunci Aplikasi di Android
  4. Jika terdapat izin akses penggunaan. Pilih saja izinkan agar aplikasi tersebut bisa berjalan dengan maksimal di smartphone kamu. Selesai, kamu berhasil mengunci aplikasimu.

Setelah saya eksplorelagi lebih dalam, ternyata aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik lho. Fitur-fitur tersebut bisa kamu temukan pada tab Seetings.

  • Pengaturan Standar

Pada pengaturan standar ini terdapat dua sub pengaturan lagi.

  1. Kata Sandi & Pengaturan Pola, pada pengaturan ini kamu bisa mengganti tipe pengunci kamu. Misalnya kamu bosen dengan mode PIN, kamu bisa menggunakan tipe pola, sandi biasa, maupun gesture.
  2. Pengaturan Standar, kamu bisa mengaktifkan maupun mematikan fitur pengunci disini.  Kamu juga bisa mengatur ikon, waktu, bahasa, dan pengaturan lain-lainnya.
  • Pengaturan Lanjutan

Pada pengaturan lanjutan, terdapat banyak sekali pengaturan menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan keamanan pada smartphone kamu.

  1. Pengatur Layar Pengunci, kamu bisa mengatur tema, background, kecerahan, dan lain-lainnya yang berhubungan dengan display disini.
  2. Observer, ini menarik sekali nih. Fitur ini berfungsi untuk menyiduk siapa saja yang mecoba membobol smartphone kamu. Jadi ketika ada yang membuka kunci kamu namun gagal, maka secara otomatis pelakunya akan terpotret dengan kamera depan yang ada pada smartphone kamu.
  3. Multi Password, kamu bisa menambahkan passwordmu disini jika dirasa satu password kamu belum cukup kuat.
  4. Pengatur jarak jauh, dengan fitur ini kamu bisa membuka atau mengunci aplikasi di Android kamu melalui SMS.

Masih banyak fitur lagi yang tidak bisa Dedi ulas semuanya disini. Tentunya, aplikasi ini sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin mengetahui cara mengunci aplikasi di Android tanpa aplikasi. Walaupun ukurannya hanya 2 MB saja, aplikasi ini kaya fitur.

Baiklah, itulah yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.

Bagikan

2 Comments

Leave a Reply