Cara Putar Video YouTube di Background Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Posted on

Kalau muter musik komputer sih memang bisa sambil buka tab lain maupun buka software lain. Musik yang diputar melalui YouTube pun juga tetap berputar terus.

Beda hal lagi dengan yang terjadi di HP Android kita. Kalau memutar lagu di YouTube dan kita beralih layar, maka video YouTube tersebut akan mati. Untuk mengatasi hal tersebut, disini Dedi telah menemukan cara untuk memutar YouTube di background tanpa aplikasi tambahan.

Cara Putar Video YouTube di Background Android

Memang, ada aplikasi khusus di Play Store yang memungkinkan kita putar YouTube sambil buka aplikasi lain, tapi ya rada ribet. Mesti download, ini itu. Belum lagi bikin memori penuh, hmm…

Disini saya mempunyai 2 cara. Cara pertama, khusus kamu yang menggunakan HP Android dari Xiaomi yang sudah berjalan di MIUI 9.

Untuk kamu yang belum menggunakan MIUI 9, kamu bisa kepoin caranya di artikel ini. Nah, kalau yang menggunakan non Xiaomi, kamu bisa skip ke cara yang kedua.

Cara Putar YouTube di Background HP Xiaomi

Mudah sekali, dan kalau kamu sudah lama menggunakan Xiaomi, harusnya kamu sudah tahu cara ini.

Pertama, buka aplikasi YouTube, dan buka video atau lagu kesukaan kamu. Jika sudah, pencet tombol recent app.

Cara Putar Video YouTube di Background Android

Lalu, klik Layar Split yang ada di pojok kiri atas layar kamu, dan seret aplikasi YouTube kedalam area split screen. Sudah, kamu bisa membuka aplikasi lainnya dan YouTube tetap berputar di background Android kamu.

YouTube akan tetap berjalan walaupun kamu membuka aplikasi yang tidak mendukung Split Screen kok, tenang saja.

Berbicara tentang split screen nih, sebenarnya fitur ini sudah ada di Android N (Nougat). Dulu sih gempar, hehe. Next ke cara yang kedua.

Cara Putar YouTube di Background Menggunakan Chrome

HP Android secara bawaan akan ada folder aplikasi Google. Yah, isinya ya aplikasi-aplikasi buatan Google seperti YouTube, Gmail, dan lain-lain. Disana, pasti ada browser bawaan Google Chrome. Nah, itu yang akan kita manfaatkan kali ini.

Langsung saja, pertama langsung saja buka Chrome di Android kamu. Jika sudah, jangan diapa-apain dulu, klik menu di pojokan layar (titik tiga vertikal), lalu aktifkan fitur situs desktop.

Cara Putar Video YouTube di Background Android

Jika sudah aktif, saatnya action. Buka youtube.com (bukan m.youtube.com ya).

Putar video yang kamu cari. Nah, ketika video YouTube tersebut sudah berjalan. Kamu bisa beralih ke tab lain atau buka aplikasi lainnya.

Kok mati?

Tenang dulu. Sekarang, tarik layar kamu dari atas, dan kamu akan menjumpai pemutar YouTube. Ada tombol next, previous, dan juga play. Kamu bisa klik tombol play.

Cara Putar Video YouTube di Background Android

Boom! YouTube kamu sekarang bisa diputar di background tanpa aplikasi tambahan.

Mudah bukan? Selamat mencoba ya!

One thought on “Cara Putar Video YouTube di Background Android Tanpa Aplikasi Tambahan

  1. Thank you gan.
    Di tunggu lagi Up date an menarik tentang tips & trik nya, biar gk kudet dan gk ketinggalan info.
    Mantap soul pokoknya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *