21 Trik WhatsApp yang Wajib Kamu Ketahui

Trik WhatsApp

Di era serba digital ini, mengirim kabar ke orang lain semudah mengedipkan mata, salah satunya menggunakan aplikasi perpesanan online WhatsApp.

Menurut pengamatan yang Dedi lakukan, sekarang baik anak muda maupun orang tua semuanya serba WA (singkatan dari WhatsApp).

Bro, WA mu berapa?” “Nanti saya kabari lewat WA yo..” dan lain-lain.

Disini Dedi bakal membagikan 20 Trik WhatsApp yang kamu harus wajib tahu, atau bahkan kamu baru tahu sekarang. Langsung saja iki trik WhatsApp’e rek!

20 Tips dan Trik WhatsApp

1. Menulis Teks Unik WhatsApp

Agar dalam penulisan pesan WhatsApp kamu lebih rapi, maupun buat gaya-gayaan, kamu bisa menulis pesan WA kamu dengan teks unik atau gaya, yaitu tebal, miring, coret, maupun tulisan macam code.

Begini caranya, untuk menulis teks tebal gunakan simbol * (bintang). Contohnya begini, *tulisan tebal di WA* maka tulisan kamu akan menjadi tebal.

Menulis teks miring gunakan simbol _ (underscore/strip bawah). Contohnya begini, _tulisan miring di WA_ maka tulisanmu akan menjadi miring.

Untuk menulis teksnya dicoret sama, namun simbolnya beda. Simbolnya yaitu ~ begini contoh penerapannya, ~teks dicoret WhatsApp~, nantinya teks kamu akan dicoret.

Sedangkan untuk tulisan code, menggunakan simbol “`. Penggunaaanya simbol “`teks kamu“` maka teksmu akan menjadi unik.

2. Melihat Siapa Saja yang Melihat Chatmu di WhatsApp

Cara untuk mengetahui siapa saja yang membaca pesan/chatmu di WA adalah dengan cara menahan pesan/chat kamu. Lalu pilih simbol (i) maka kamu akan melihat siapa saja yang membaca pesanmu.

Trik WhatsApp

3. Mematikan Download Otomatis

Seringkali dokumen, foto, maupun video otomatis terdownload di WhatsApp. Hal itu menyebabkan borosnya penggunaan data internet kamu, apalagi file yang besar-besar. Nah, untuk mematikan auto download di WA kamu bisa masuk ke Setelan kemudian pilih Penggunaan Data lalu kamu bisa mematikan download otomatis pada pengaturan tersebut.

4. Mengirim Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Biasanya kalau kamu mengirim foto di WhatsApp, aplikasi secara otomatis akan mengompress foto/gambar kamu sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Untuk mengirim foto di WhatsApp tanpa mengurangi kualitasnya kamu bisa pakai cara ini.

Cari terlebih dahulu kontak yang ingin kamu kirimi foto, kemudian klik lampirkan dokumen. Lalu kamu bisa cari file foto tersebut. Dengan begitu, foto yang kamu kirimkan tidak akan terkurangi kualitasnya.

5. Pin Percakapan

Jika kamu punya banyak fans, heheh. Pasti banyak banget orang yang chat kamu. Namun, kamu lagi chat-an serius sama doi. Kamu bisa pin percakapan kamu dengan si doi dengan cara.

Tahan percakapan, lalu pilih simbol peniti. Maka percakapan tersebut akan berada diatas terus, dan tidak tenggelam.

Trik WhatsApp

6. Mengubah Video Menjadi Gif

Caranya gampang banget, kamu tinggal kirim video seperti biasa, lalu pada sesi pengeditan kamu bisa klik Gif. Maka video yang kamu kirim akan menjadi format gif bukan video.

7. Membuat Status Unik WA

Jika kamu adalah tipe pengguna yang sering update status di stori, maka kamu bisa membuat status dua jenis. Pertama, foto/video. Kedua, adalah status dengan background warna. Kamu bisa menggambar, coret-coret, menambahkan teks dengan pilihan beberapa font, dan juga menambahkan emoji sehingga status/stori WhatsApp kamu menjadi unik.

8. Verifikasi 2 Langkah WhatsApp

Jika kamu menginginkan keamanan yang lebih pada WhatsApp kamu, kamu bisa menggunakan verifikasi 2 langkah. Verifkasi ini digunakan untuk menambah keamanan akun WhatsApp kamu dari peretasan, karena nantinya WA akan meminta sebuah PIN code.

Caranya, masuk ke Setelan – Akun – Verfikasi dua langkah. Kemudian ikuti penyetelan tersebut, dan selesai.

9. Mengganti Background Percakapan WhatsApp

Kamu pasti pernah kan melihat WA temenmu ada wallpapernya gitu. Kelihatan lebih unik. Kamu bisa menjadikan foto/gambar kamu menjadi background percakapan, caranya masuk Setelan Chatting Wallpaper lalu kamu bisa pilih foto yang akan dijadikan background di WA kamu.

10. Mematikan Centang Biru di Percakapan WhatsApp

Kalau kamu dikirimi pesan seseorang dan kamu sudah membacanya, pasti di smartphone teman kamu itu sudah bertanda centang dua warna biru. Nah, agar teman kamu tidak mengetahui kalau pesan tersebut telah kamu baca, kamu bisa mematikan centang biru tersebut.

Trik WhatsApp ini sering Dedi gunakan kalau lagi males chat sama orang, hehe. Caranya masuk ke Setelan – Akun – Privasi lalu kamu bisa menonaktifkan Laporan dibaca agar centang biru kamu mati.

11. Menyembunyikan “Terakhir Terlihat” WhatsApp

Untuk menyembunyikan privasi kamu, apakah kamu buka WhatsApp atau tidak, kamu bisa mematikan Last sent atau terakhir terlihat pada WA kamu.

Begini caranya, masuk ke Setelan – Akun – Privasi lalu pilih Terakhir Dilihat. Kamu bisa menonaktifkannya, maupun hanya kontak kamu saja yang bisa melihatnya.

12. Mengatahui Pesan Kamu dibaca atau Tidak

Jika teman kamu menggunakan trik WhatsApp nomor 10 diatas, sini, Dedi kasih tahu triknya apakah dia sudah membaca pesan kamu atau tidak.

Caranya mudah kok, kamu tinggal kirimkan VN (Voice Note) atau pesan suara ke temanmu, kalau dia melihatnya statusnya akan centang 2 biru, beda dengan pesan tulisan.

13. Me-bookmark Pesan dari Teman

Jika kamu dikirim pesan yang sekiranya penting, namun kamu belum punya waktu untuk membacanya, kamu bisa menggunakan pesan berbintang di WhatsApp. Hal itu berguna untuk menemukan pesan tersebut dengan cepat tanpa harus scoll ratusan pesan.

Triknya, jika kamu diikirimi pesan penting, langsung saja tahan pesan tersebut lalu klik simbol atau ikon bintang. Maka pesan tersebut akan tersimpan. Untuk melihat pesan-pesan yang telah kamu kasih bintang, caranya langsung buka Wa kamu seperti biasanya, lalu klik menu dan pilih Pesan Berbintang.

Trik WhatsApp

14. Mention Teman di Grup WhatsApp

Trik WhatsApp ini mungki sudah kamu ketahui ya, namun saya yakin pasti ada yang belum paham. Caranya mudah banget kok, tinggal masuk grup WA yang kamu ikuti, lalu ketikkan simbol @ kemudian akan muncul kontak-kontak yang ingin kamu mention.

Mudah kan.

15. Membalas Pesan Tenggelam

kalau kamu sudah keri alok (telat baca grup) kalau kamu langsung chat dibawah kan nggak nyambung gitu ya, nah kamu bisa menggunakan fitur reply pesan atau quote pesan.

Caranya, tahan pesan tersebut kemudian klik simbol panah kebawah. Lalu tulis dan kirim pesan balasan kamu.

16. Memblokir Kontak di WhatsApp

Jika kamu dikerjain sama temanmu, block aja biar kapok. Caranya mudah sekali kok, kamu bisa scroll up percakapan tersebut, akan ada pilihan blokir. Untuk melepas blokiran tersebut kamu bisa masuk Setelan – Akun – Privasi lalu pilih kontak terblokir. Kamu bisa melepas blokiran yang kamu lakukan.

17. Mengirim dokumen di WhatsApp

Mungkin teman kamu sering minta dikirimkan dokumen Microsoft Word, maupun file PDF namun kamu masih bingung caranya. Muah banget lho, pertama kamu cari kontak yang akan kamu kirimi dokumen, lalu kamu bisa klik lampiran lalu pilih dokumen. Lalu kamu bia mencari dimana file tersebut. Jika sudah kirim deh, beres.

18. Quick Reply on Notification

Beberapa saat kita sangat bosan buka aplikasi WhatsApp untuk membalas pesan-pesan yang masuk. Gunakan saja quick reply ini. Fungsi adalah membalas pesan, tanpa mmebuka aplikasi Wa-nya.

Trik WhatsApp ini salah satu favorit saya, hehe. Caranya, jika ada pesan masuk, tarik bar notifikasi, lalu pada notifikasi WhatsApp tersebut tarik dengan dua jari kamu, maka kamu bisa melakukan quick reply.

Trik WhatsApp

Quick Reply WhatsApp

Kamu juga bisa mengaktifkan fitur pop-up notification dimana jika ada pesan masuk, pesannya langsug muncul dilayar kamu, dan kamu bisa membalasya dengan cepat.

19. Mematikan Notifikasi Grup WhatsApp

Disaat hati sedang galau, stres, kita diganggu dengan banyaknya notifikasi grup WhatsApp yang jumlahnya kayak semut., atau mungkin kamu sedang sibuk dengan aktifitas lain kamu bisa mematikan notifikasi grup tersebut.

Trik WhatsApp ini paling serig saya gunakan, hehe. Caranya, klik grup WhatsApp kamu, lalu klik tombol bisu. Beres, grup WhatsApp kamu tidak akan muncul lagi di notifikasi.

20. Backup Pesan di WhatsApp

Jika kamu tidak ingin percakapanmu hilang begitu saja. Kamu bisa backup semua pesan-pesanmu agar tidak hilang. Nantinya kamu bisa memulihkan pesan ini.

Caranya, Setelan – Chatting lalu kamu bisa pilih Cadangan chat. Disana kamu bisa mengatur kapan kamu menyadangkan pesan kamu baik secara manual maupun otomatis.

21. Cara Menghapus Pesan di WA (WhatsApp)

Mungkin kita kadang salah kirim dalam melakukan pengiriman pesan kepada teman kita. Mau WA ke si A eh malah keliru terkirim ke si B.

Oleh karena itu, kita bisa menarik atau menghapus pesan tersebut.

Cara menghapus pesan di WA-nya adalah. Pertama, perbarui aplikasi WhatsApp di smartphone kalian. Kemudian jika sudah diperbarui langsung saja buka aplikasi tersebut.

Chat seperti biasanya, bisa di chat pribadi maupun chat group. Kemudian tahan pesan yang ingin kamu hapus, kemudian klik icon sampah, lalu pilih Hapus untuk Semua Orang.

Trik WhatsApp

Beres, pesan kamu berhasil kamu hapus secara permanen. Mungkin trik WhatsApp ini adalah trik paling dicari saat ini 😀

Nah, itulah 20 trik WhatsApp yang bisa kamu praktekkan. Jika kamu memang pengguna akut aplikasi perpesanan instan ini, kamu wajib mengetahuinya. Terima Kasih telah membaca!

Bagikan

Leave a Reply